6 Cara Memperbaiki Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini di Play Store

Posting Komentar

    Diary Erlina - Masalah yang sering dialami pengguna android saat ingin mendownload di Play Store terdapat peringatan perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini. Sebenarnya apa sih masalah ini cara mengatasinya bagaimana, berikut ulasan lengkapnya.

    Playstore menjadi tempat utama, aman dan paling terpercaya dalam mengunduh aplikasi maupun game. Selain merupakan tempat yang resmi juga banyaknya aplikasi dan game yang tersedia di Playstore membuat banyak orang jarang beralih ke toko aplikasi lain.

    Saat kalian akan mengunduh aplikasi atau game dari Playstore pasti pernah eror dan muncul pemberitahuan “Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini atau Your device isn’t compatible with this version” yang menyebabkan kalian tidak bisa mengunduh aplikasi atau game yang akan kalian instal.

    Berapa kali kalian coba untuk menginstal akan terus gagal dan muncul peringatan seperti diatas. Gagal untuk memginstal apliakasi yang kalian butuhkan tentu jengkel, tetapi kalian harus tahu dulu mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

    cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini saat downlod
    cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini saat download

    Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel  Saat Download di Google Play Store

    Sebelum lanjut alangkah baiknya kalian mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah perangkat tidak kompatibel seperti ini.

    Penyebab Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

    Perangkat tidak kompatibel ternyata dikarenakan beberapa sebab sehingga hal tersebut terjadi. Karena sebab-sebab tersebut kalian menjadi kesulitan mengunduh aplikasi yang kalian butuhkan. Apa saja penyebabnya? 

    1. Perangkat android kalian tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya karena muncul bug tertentu. 
    2. Perangkat android kalian menjalankan versi yang sudah lama dari yang didukung oleh aplikasi. 
    3. Perangkat android kalian tidak memiliki perangkat keras tertentu yang dibutuhkan aplikasi. 
    4. Perangkat android yang kalian gunakan tidak sesuai dengan persyaratan dari aplikasi. 
    5. Aplikasi membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi sehingga spesifikasi android kalian tidak bisa memdukung menjalankan aplikasi tersebut. Playstore sendiri memiliki algoritma khusus yang bisa mendeteksi spesifikasi perangkat android kalian.  
    6. Aplikasi yang akan kalian unduh tidak tersedia di negara kalian. Beberapa aplikasi atau game memang hanya dirilis di negara tertentu, jadi jika tidak dirilis secara global kaian tentu tidak bisa mengunduhnya.
    7. OS android yang tidak sesuai. Playstore biasanya merekomendasikan kebutuhan minimal OS android agar aplikasi yang dijalankan lancar. Jika OS android di bawah kebutuhan minimal kemungkinan aplikasi tersebut akan eror. 
    8. Layanan Google Play memiliki file log yang salah. Sehingga menyebabkan perangkat kalian tidak kompatibel dengan aplikasi yang akan kalian unduh.

    Permasalahan perangkat tidak kompatibel dengan versi ini memang sering kali ditemui bahkan pada perangkat baru. Bagi beberapa orang yang biasnya tidak ada kendala dalam mengunduh aplikasi di Playstore tentu saja akan bertanya-tanya kenapa hal ini terjadi. 

    Jika perangkat kalian muncul eror “Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini” kalian bisa melakukan Restart perangkat kalian. Biasanya dengan me-restart perangkat bisa mengatasi eror perangkat android kalian. 

    Tetapi jika setelah kalian me-restart tetapi eror tersebut tetap muncul kalian bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

    Berikut cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel di google play store.

    Update Sistem Andoid ke versi terbaru

    Mengupdate sistem android ke versi baru juga bisa membuat kinerja perangkat meningkat serta memperbaiki bug dan gangguan sistem. Biasanya setiap ada update sistem terbaru akan ada pemberitahuan. 

    Sebelum menginstal sistem kalian harus mendownload terlebih dahulu baru bisa di update. Jika kalian tidak melihat pemberitahuan update sistem terbaru kalian bisa melihatnya di pengaturan. Berikut langkah-langkah untuk meng-updatenya :

    1. Buka Pengaturan atau Settings.
    2. Tab menu Telephone, disana akan ada pemberitahuan lalu tab Periksa Pembaruan. 
    3. Pembaruan Tersedia kalian klik dan sistem akan mengunduh update sistem. 
    4. Tunggu sampai proses mengunduh selesai. Jika sudah selesai klik install. 
    5. Android kalian akan otomatis mati lalu memproses update sistem selama kurang lebih 5 menit dan akan kembali normal kembali. 

    Pastikan prosentase batrei atau daya handphone kalian cukup untuk melakukan update sistem. Jika internet data kalian tidak stabil disarankan menggunakan wifi agar proses pengunduhan cepat selesai. 

    Uninstal Pembaruan pada Google Play Store

    Menghapus pembaruan dan mengembalikan ke versi pabrik juga bisa untuk mengatasi perangkat tidak kompatibel. 

    Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka Pengaturan atau Settings. Lalu ke menu Aplikasi. 
    2. Tab manajemen aplikasi. 
    3. Temukan Google Playstore disini lalu tab di atasnya.
    4. Tab tombol Copot Pembaruan. 
    5. Jika muncul pop up pemberitahuan tab Lanjutkan.

    Hapus Cache Google Play Services

    Biasanya sampah atau cache yang di hasilkan dari setiap aplikasi sangat banyak. Semakin banyak cache akan membuat perangkat bekerja sangat lambat dan penuh sehingga ruang perangkat menjadi penuh. 

    Menghapus atau membersihkan cache menjadi solusi umum untuk mengatasi beberapa masalah eror android. Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache :

    1. Buka Pengaturan atau Settings.
    2. Tab aplikasi lalu ketuk manajemen aplikasi. 
    3. Temukan Layanan Google Play disini dan Tab atasnya.
    4. Klik Hapus Cache dan Hapus Data. 

    Gunakan Market Helper Lain untuk download Aplikasi

    Sebelumnya setiap android memiliki market bawaan yang juga bisa untuk mendownload aplikasi tetapi karena aplikasi mungkin yang tersedia tidak sebanyak di Play Store jarang sekali digunakan. 

    Ada beberapa aplikasi yang sama dengan di Playstore cara memngunduhnya juga sama. Jika masalah eror tersebut muncul kalian bisa langsung mengunduhnya melalui market aplikasi bawaan android kalian. Ada juga market lain seperti Amazon app Store, Baidu dan lain sebagainya. 

    Saat mengunduh aplikasi tidak kompatibel menggunakan layanan diatas kalian bisa menggunakan file installer berupa Application Package File (APK). Untuk bisa menginstal APK pastikan kalian telah mengaktifkan fitur untuk instal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui dengan cara masuk ke  pengaturan atau setting → security → unknown source. 

    Biasanya market lain memiliki kebijakan yang berbeda dengan playstore sehingga mungkin akan lebih mudah dan tidak banyak kendala. 

    Oh iya market helper sendiri merupakan tool sederhana yang memodifikasi detail produsen perangkat untuk mengelabui Playstore.

    Untuk menggunakan market helper kalian membutuhkan perangkat yang sudah di rooting. Jika perangkt kalian sudah di rooting, selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

    1. Buka browser untuk mengunduh file apk market helper, selesai mengunduh segera instal.
    2. Jalankan aplikasi kemudian pilih opsi dari daftar untuk menyalin perangkat dari produsen. 
    3. Tab opsi Activate.
    4. Berikan izin akses penting aplikasi.
    5. Tunggu hingga Activated Succesfully muncul. 
    6. Minimalkan aplikasi lalu luncurkan Playstore. 
    Jika kalian ingin browsing-browsing dengan aman, kalian perlu mengetahui cara menyembunyikan ip address

    Mengganti wilayah perangkat dengan VPN

    Jika ada aplikasi atau game yang ingin kalian unduh ternyata tidak tersedia di negara kalian, maka kalian bisa mengunduhnya dengan mengganti wilayah perangkat sesuai tempat rilis aplikasi atau game tersebut menggunakan VPN. 

    Tetapi terlebih dahulu kalian harus memiliki aplikasi VPN terbaik versi kalian. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini : 

    1. Tutup semua aplikasi di handphone kalian. 
    2. Karena sebelumnya sudah menginstal aplikasi VPN kalian tinggal menjalankannya. 
    3. Hubungkan ke negara wilayah tujuan menggunakan VPN. 
    4. Jalankan Playstore dan unduh aplikasi atau game yang kalian inginkan. 

    Mengubah Versi Perangkat

    Untuk mengatasi perangkat tidak kompatibel kalian bisa mengubah versi perangkat dengan bantuan aplikasi perangkat pihak ketiga untuk akses root. 

    Tetapi cara ini sangat beresiko bagi yang tidak tahu langkah-langkahnya, jadi tidak disarankan untik mencoba cara ini. 

    Cara diatas memiliki resiko yang berbeda-beda terlebih apabila harus menggunakan root. Kalian yang tidak bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau root lebih baik menggunakan cara yang tanpa itu. 

    Semoga informasi yang dapat kami berikan dapat bermanfaat buat kalian yang mengalami masalah tersebut dan ingin tau cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di play store.

    Semoga bisa membantu kalian, terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan atau yang kurang jelas? Tinggalkan komentar di kolom yang sudah disediakan.  Jangan lupa share ya! 

    Related Posts

    Posting Komentar